Membuat Visual G-code Viewer dengan Tkinter python

artikel ini adalah kelanjutan mengenai pembahasan turtle. Bagi yang mempelajari mesin plotter atau mesin CNC mungkin sudah tidak asing lagi dengan Gcode.
Setelah sebelumnya saya sudah membahas tentang membuat mesin CNC mini dengan CD atau DVD rom bekas Pc, dan juga software nya (Gcode sender), maka sekarang saya akan sharing mengenai software visual Gcode viewer, software ini akan menampilkan gambar yang akan dihasilkan dari file Gcode, dengan syarat file Gcode yang dihasilkan dibuat dengan menggunakan plugin inkscape yang sudah saya share sebelumya disini (plugin Gcode inkscape). Sebenarnya software ini memungkinkan juga untuk membuka file gcode dari plugin yang lain, hanya saja akan ada beberapa baris program yang harus dirubah, disini saya akan menuliskan source code software ini, dan semoga dapat bermanfaat dan dapat di kembangkan lagi.
Software ini dibuat dengan menggunakan python dengan menggunakan library turtle dan Tkinter, saya sudah mencoba nya di ubuntu, dan berjalan dengan baik. Kemungkinan di windows juga dapat digunakan, tetapi harus menginstall Tkinter terlebih dahulu.
Berikut adalah source code dari software ini.



setelah dijalankan, maka tampilan dari software ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Software ini juga dapat digunakan sebagai simulasi untuk mencoba file Gcode, apakah gambar yang sudah dibuat sudah benar atau belum, maka hasilnya dapat dilihat disini.



untuk videonya dapat dilihat dibawah

 

Comments