Membuat mini CNC denga mengguanakan CD/DVD rom bekas PC

setelah harga laptop semakin terjangkau, dan banyaknya PC yang lebih slim dan simple, sebagian orang lebih tertarik untuk membeli laptop atau mini PC. Selain itu teknologi microprocessor yang sudah berkembang membuat orang lebih memilih mengupgrade pc mereka dengan yang lebih baru, karena beberapa alasan, seperti untuk game, multimedia, dan lain sebagainya.
Sementara untuk komputer pentium 4 kebawan mungkin sudah jarang digunakan, dan sebagian mungkin sudah dibuang, atau disimpan karena sudah ruksak.
Untuk menghindari banyaknya sampah atau limbah yang dapat menggangu pemandangan dan dapat merusak lingkungan terlebih sampah yang dihasilkan dari limbah elektronik. kita dapat mengambil komponen-komponen yang masih bisa kita manfaatkan untuk bereksperimen, salah satunya adalah CD/DVD rom bekas CPU. Jika kita lihat didalamnya, disana terdapat sebuah motor stepper yang dapat kita gunakan sebagai bahan eksperimen untuk membuat mini CNC.

Untuk membuat mini CNC ini, bahan-bahan yang kita butuhkan diantaranya adalah:
2 CD/DVD rom bekas
1 buah motor servo
2 buah IC l293D
1 buah pulpen.

Rangkailah komponen yang sudah disediakan diatas menjadi seperti skema dibawah ini


Setelah rangkaian-nya selesai dibuat, selanjutnya kita lanjut pada tahap pemrograman. Dibawah ini adalah sketch yang harus kita upload.


cara kerja dari program ini adalah:
baca file gcode yang dikirimkan oleh Software Gcode sender perbaris.
Jika pada baris file tersebut terdapat perintah G1 atau G92, maka motor servo akan digerakkan sesuai kordinat x,y dari file Gcode itu sendiri.
Sebelum stepper bergerak, maka akan dilakukan pengecekan posisi terlebih dahulu, posisi stepper adalah 0, jika data x atau y yang diterima lebih besar dari posisi sekarang, maka stepper akan bergerak secara increment, kemudian posisi diupdate sesuai dengan data x,y. tetapi jika data x atau y lebih kecil dari posisi sekarang, maka stepper akan bergerak secara decrement, kemudian posisi diupdate sesuai dengan data x,y.
Untuk mengetahui posisi x,y = 0, maka harus di cek terlebih dahulu.
Jika pada baris file tersebut terdapat perintah M03, maka motor servo akan digerakkan kebawah dan siap untuk menulis.
Jika pada baris file tersebut terdapat perintah M04, maka motor servo akan digerakkan keatas, dan program dianggap sudah selesai

kemudian, kita membutuhkan software gcode sender untuk mengirimkan file gambar kita ke Arduino, untuk software nya dapat didownload disini

untuk cara menggunakan softwarenya silahkan lihat disini


berikut adalah dokumentasi dari min CNC ini





videonya dapat dilihat dibawah ini




Comments