Pengenalan Electron JS

 


Electron merupakan framework (kerangka kerja) untuk membuat aplikasi desktop seperti Windows, Linux, dan MacOS, berbasis kode html & javascript, dengan electron, kita bisa membuat aplikasi desktop dan aplikasi web dengan kode yang sama, cukup menarik bukan ?. Electron dibuat oleh Cheng Zhao dan kemudian dibangun, dikembangkan, serta diawasi oleh GitHub. Electron dirilis pertama kali pada tanggal 15 Juli 2013.

Umumnya pemrograman yang digunakan untuk aplikasi desktop adalah VB, Borland Delphi, C++, dan lain sebagainya. tetapi jika menggunakan VB misalnya, kita hanya bisa membuat aplikasi desktop saja dan itu hanya bisa dijalankan di windows saja, untuk aplikasi website nya, berbeda lagi, sehingga jumlah resource yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

untuk mencoba elektron, kita bisa menggunakan contoh yang sudah disediakan, yang dapat di clone dari github/electron 

untuk yang biasa pake Vue js kita bisa menggunakan framework quasar dengan quasar ini kita bisa membuat aplikasi mobile dengan menggunakan cordova / capacitor dan juga bisa membuat aplikasi desktop dengan electron dengan kode yang sama, pembahasan mengenai quasar mungkin saya jelaskan di artikel yang lain, karena akan cukup panjang juga kalau saya tulis disini 😁


Comments