leaflet js

Pertama kali saya mengenal leaflet, yaitu ketika saya dapat project untuk membuat aplikask web pemetaan, hal yang menarik dari leaflet ini yaitu dia bersifat open source 😁, leaflet ini berbasis open street map. 

Pada dasarnya, leaflet adalah library JavaScript untuk membuat peta interaktif yang sangat fleksibel dan mudah digunakan. Kelebihan lain dari leaflet adalah ukurannya yang kecil, sehingga sangat cocok digunakan pada aplikasi web dan mobile.

Dengan menggunakan leaflet, kita dapat menambahkan berbagai fitur seperti layer peta, marker, polyline, dan lain-lain. Kita juga dapat menyesuaikan tampilan peta sesuai kebutuhan, seperti menambahkan gambar satelit, memperkecil atau memperbesar peta, dan memfokuskan peta pada lokasi tertentu.

Open Street Map (OSM) merupakan proyek yang membangun peta dunia dengan menggunakan data sumber terbuka yang dapat diakses oleh siapapun. Hal ini sangat berguna karena data yang diberikan oleh OSM sangat akurat dan up-to-date.

Dengan menggabungkan kelebihan dari leaflet dan OSM, kita dapat membuat aplikasi pemetaan web yang sangat berkualitas dan memenuhi kebutuhan kita. Kita dapat menambahkan berbagai informasi geografis dan membuat tampilan peta sesuai dengan kebutuhan kita.

Sekian artikel singkat tentang leaflet dan open street map. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang ingin membuat aplikasi pemetaan web.

Comments