Font arduino IDE tidak nampil

 



pada beberapa OS, font arduino kadang tidak nampil, dalam contoh ini saya menggunakan OS Fedora 37 dan font arduino IDE tidak muncul setelah saya mengupdate software saya. 

untuk mengatasi hal tersebut, maka solusinya adalah sebagai berikut:

  • coba ubah folder java yang ada di directory instalasi arduino (misalnya /opt/arduino), menjadi /opt/arduino/old-java. dalam kasus saya, solusi ini langsung bisa masalah diatas
  • jika dengan merubah folder masih belum mengatasi masalah, maka coba update versi java dengan mengetik "sudo dnf install java-latest-openjdk" kemudian rubah settingan default java dengan perintah "sudo alternatives --config java" dan pilih versi java terbaru
jika anda juga mengalami masalah seperti saya, silahkan coba dengan solusi yang saya tulis, semoga bisa membantu.

dalam masalah lain, kadang arduino IDE juga tidak bisa mendeteksi port board arduino kita, atau kalaupun terdeteksi proses upload sketch nya gagal. jika hal ini terjadi, maka coba jalankan Arduino IDE dengan menggunakan sudo lewat terminal

Masalah - masalah arduino IDE ini sering saya temui ketika menggunakan OS linux, kalau windows jarang saya temui masalah-masalah seperti diatas.

Comments