solusi untuk printer 3d yang tidak bisa membaca sd card

Halo, hari ini saya punya masalah baru, yaitu kartu memori saya ruksak dan tentunya saya tidak bisa mencetak model saya karena tipe printer 3d saya hanya bisa menerima input dari sd card dan tidak bisa wireless, mau beli kartu memori sayang juga 😂, jadi ya udah terpaksa saya browsing untuk solusi lainnya, dan akhirnya ketemu juga 👋

source: teknologi.id

Jadi solusi untuk printer 3d yang tidak bisa baca sd card adalah dengan menggukan software cura, cura adalah Cura adalah aplikasi pengiris/slicer yang berfungsi untuk merubah file stl menjadi format gcode yang bisa dibaca oleh printer 3D, cura ini bersifat open source. cura dibuat oleh David Braam yang kemudian dipekerjakan oleh Ultimaker, sebuah perusahaan manufaktur printer 3D, untuk memelihara perangkat lunak. Cura tersedia di bawah lisensi LGPLv3 [source: wikipedia]


Berikut adalah tampilan dari software cura. 


langkah-langkah untuk print file langsung dari software cura adalah sebagai berikut:
  • Buka software cura, untuk beberapa os anda mungkin harus menjalankan software ini melalui perintah sudo, karena untuk mendapatkan akses /dev/usb/ttyx harus masuk terlebih dahulu sebagai root
  • kemudian masukkan file yang akan di print
  • jangan lupa untuk menghubungkan kabel USB print
  • Klik slice untuk membuat file G-Code
  • kemudian di pojok kanan bawah akan muncul tombol biru "Print Via USB"

Silahkan masuk ke tab MONITOR  untuk melihat proses print nya
  


Comments