membuat environment python dengan versi yang berbeda






Artikel ini dibuat ketika saya ingin mencoba membuat project deepspeech, ketika saya coba membuat environment baru dan menjalankan perintah pip install deepspeech, muncul pesan error di terminal 
. . . . . . No version available

Dalam kasus ini saya menggunakan os fedora dengan versi python yg terinstall adalah versi 3.10, dan ketika saya mencari referensi untuk menginstal deelspeech, saya menemukan artikel yang menyatakan bahwa package deepspeech hanya support versi python 3.6

Awalnya saya mau coba down grade python nya, tp sayang juga. Akhir nya saya pun memutuskan untuk mencari bagaimana caranya membuat environment python baru dengan versi yang berbeda dari yang terinstal di sistem. Dan, saya pun bertemu dengan conda.

Dikutip dari wikipedia Conda adalah open-source, cross-platform, manajer paket bahasa-agnostik dan sistem manajemen lingkungan. Ini awalnya dikembangkan untuk memecahkan tantangan manajemen paket yang sulit yang dihadapi oleh para ilmuwan data Python, dan hari ini adalah manajer paket yang populer untuk Python dan R.

untuk dokumentasi resmi dari artikel ini, saya merujuk dari website resmi conda nya, yang bisa di kunjungi di sini



Comments