Rumus untuk mencari sudut yang tidak diketahui pada segitiga

Rumus untuk mencari sudt yang tidak diketahui pada segitiga

pertama kali saya penasaran dengan rumus ini adalah ketika saya ingin membuat sebuah mesin cutting sticker, dan saya rasa rumus ini berhubungan dengan menentukan posisi putaran motor untuk memutar pisau pemotongnya
Jika dilihat bentuknya, sisi x dan y nya membentuk segitiga, sebagai ilustrasinya saya gambarkan sebagai berikut



Gambar diatas saya buat dengan menggunakan Autocad, untuk menentukan berapa sudut yang dihasilkan sisi Y = 25 dan sisi X = 30 dan ternyata hasilnya adalah 39,80557

kemudian saya searching di google untuk menentukan besar sudut dari dua sisi yang diketahui. dan saya menemukan rumus ini


ATAN("sisi Y / sisi X")*180/PI()

setelah saya coba di excel ternyata hasilnya sama persis.


Comments