Membuat Jam Waktu Shalat dengan Arduino

di masjid – masjid /atau mushola kita mungkin sering melihat jam digital yang menunjukkan jadwal shalat yang dapat berganti secara otomatis dan akan berbunyi ketika waktu shalat sudah tiba, saya sempat penasaran menegenai jam seperti ini, dulu setau saya jika kita ingin membuat jam seperti ini, kita harus menginputkan jadwal shalat tersebut secara manual kedalam EEPROM dan biasanya akan dirubah setahun sekali. Jadi saya sempat malas juga untuk mempelajarinya, karena saya rasa cara seperti ini sangat rumit, dan tidak efektif.
Kemudian saya terpikir untuk mempelajari bagaimana cara menentukan waktu shalat dengan metode hisab, dan setelah saya searching banyak artikel yang membahas ini, setelah saya sedikit memahami metode ini, kemudian saya coba mencari lagi library untuk menentukan waktu shalat, kemudian saya menemukan libraray prayertimes.h, setelah saya coba, ternyata memang bisa, hasilnya adalah seperti Gambar berikut :





Gambar diatas, adalah hasil dari example bawaan yang disediakan oleh library, jadi hasilnya belum terlihat rapih.
*** Untuk menampilkan waktu shalat yang akurat dibutuhkan latitude dan longitude posisi kita, atau posisi tempat yang ingin dipasangkan jam waktu shalat.
///


OK, saya rasa basa-basinya cukup ya :D , Untuk membuat jam waktu shalat ini, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
Hardware
Arduino
RTC DS3231
LCD 16x2

Software
Arduino IDE,

Library RTC DS3231

Library Prayertimes.h

kemudian untuk rangkaian hardware nya dapat dilihat pada Gambar berikut





kemudian jika rangkaiannya sudah, kita lanjut pada pemrograman nya, berikut adalah program yang saya gunakan


Selesaii, Selamat Mencobaa.....
jika ada yang belum mengerti dapat ditanyakan dikolom komentar






Comments