Menyimpan data RFID kedalam SD card dengan menggunakan Arduino

RFID dan SD card merupakan dua buah modul yang sama-sama menggunakan jalur SPI (Serial peripheral interface) sebagai jalur komunikasinya dengan Arduino. Dalam pengerjaan projek ini sebenarnya saya sempat kesulitan, karena apakah mungkin 2 buah modul menggunakan jalur yang sama dan dikendalikan oleh 1 kontroller saja??. akhirnya saya coba mencari referensi dari Google dan youtube, tetapi tidak menjelaskan langkah-langkahnya.
Sebagian artikel menyaranan untuk menggunakan pin SS (Select slave) yang berbeda, tetapi setelah saya coba, hasilnya masih belum bisa, hanya salah satu saja yang berfungsi, yaitu SD card nya, sedangkan untuk RFID nya tidak berfungsi. Dari sini saya mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya SD card tidak ada masalah walaupun menggunakan jalur SPI yang sama (SCK, MOSI, MISO) dengan RfID, masalahnya sekarang adalah bagaimana supaya SD card diberi tegangan hanya pada saat dibutuhkan saja.
Akhirnya saya mencoba untuk melakukan pengontrolan VCC pada pin SD card dengan relay, dengan logika nya, bila SD card akan digunakan, maka relay akan berfungsi, dan sebaliknya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. tempelkan RFID
2. Jika RFID terdeteksi, baca id rfid
3. Enable pin VCC SD card
4. apakah SD card terdeteksi??
5. jika ya, buka file .txt kemudian simpan data RFID kedalam SD card.
6. jika sudah menyimpan, disable kembali pin VCC SD card.
7. kembali ke tahap 1.

setelah diketahui apa yang harus dikerjakan, kita langsung ke tahap perancangan perangkat keras. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam projek ini adalah :
1. Arduino Uno (atau yang lainnya)
2. RFID RC522
3. SD card reader
4. Relay
5. Breadboard
6. kabel jumper secukupnya.

Kemudian rakit seperti Gambar berikut:


Selanjutnya adalah membuat programnya, berikut adalah progra, yang saya buat



Kemudian setelah dicoba, hasilnya seperti berikut



Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Comments

  1. kak boleh minta contact person nya ? mau sedikit konsultasi hehe

    ReplyDelete

Post a Comment