Pemrograman berbasis objek di Python menggunakan Tkinter

Tkinter merupakan singkatan dari “Tk Interface”, Tkinter suatu pustaka GUI (alat penghubung pemakai grafis) widget standar pembuatan Interface python untuk Tk GUI Toolkit. Tkinter merupakan antarmuka grafisnya dari TCL (Tool Command Language), yang memberikan kemudahan bagi para programmer dalam pembuatan programnya.
Tkinter menyediakan widget-widget yang dibutuhkan dalam pembuatan program berbasis GUI, Widget adalah objek yang ditampilkan dalam sebuah GUI untuk beriteraksi dengan user, seperti button, scrollbar, textbox, check button, radio button, label text, dan lain sebagainya.
Untuk mengecek apakah Tkinter sudah terinstal atau belum dapat dilakukan perintah berikut pada terminal

$ python
$ from Tkinter import*


lebih jelasnya dapat dilihat pada dibawah ini.
Pada Gambar diatas, Tkinter sudah terinstal. jika Tkinter belum terinstal di PC kita, kita dapat melakukan perintah:
$ sudo apt install tk
kalau untuk pengguna windows mungkin bisa di download disitus resminya, atau searching “download Tkinter untuk windows”
untuk mengetahui widget widget yang tersedia di tkinter, kita dapat melihatnya melalui terminal dengan perintah
$ python
$ help(‘Tkinter’)

atau kita dapat melihat isi file nya langsung di

/usr/lib/python2.7/lib-tk/Tkinter.py

disana akan terdapat class – class yang dapat kita gunakan, seperti button, canvas, entry, dan lain sebagainya.

Membuat Hello World dengan Tkinter

Percobaan pertama kita adalah membuat tulisan Hello world dengan label di Tkinter, progam nya adalah

import Tkinter
from Tkinter import* # memamnggil pustaka tkinter

root = Tk()
myFrame = Frame(root)
myFrame.master.title("Test")
myFrame.pack()
mylabel = Label(root, text = "Hello World")
mylabel.pack()

root.mainloop()


penjelasan progam
root = Tk()
# Mendeklarasikan root sebagai variable untuk menyimpan widget Tk()
myFrame = Frame(root)
# memanggil widget frame dan disimpan pada variable myFrame, frame adalah bingkai menyimpan widget – widget lain, seperti butoon, label dan lain sebagainya, disini kita juga dapat mengatur tinggi dan lebarnya frame, dengan perintah “Frame(root, width = 800, height = 500)”

myFrame.master.title("Test")
# Memberi nama frame dengan “Test”
myLabel.pack()
# merupakan perintah Geometry manager yang digunakan untuk menata letak dan penampilan widget di atas window, Ada macam – macam geometry manager, seperti place(), grid() dan pack(), namun yang paling banyak digunakan adalah pack(), karena cocok untuk kebutuhan sebagian besar aplikasi.
Penjelasan mengenai geometry manager mungkin akan ditulis pada Artikel yang lain.

mylabel = Label(root, text = "Hello World")
# Menampilkan hello world pada label
root.mainloop()
# merupakan perintah perulangan yang digunakan supaya program tidak langsung keluar.

Hasil dari prgram ini adalah

Comments