Merubah nama dan password HC-05 dengan AT command

Secara default, ketika pertama kali kita membeli modul HC-05 ini nama dari bluetooth ini adalah hc-05 dan password nya adalah 1234, tentunya ini akan menjadi masalah ketika kita ingin membuat sebuah sistem keamanan berbasis modul HC-05, seperti misalnya membuat sebuah pengendali starter/kontak motor berbasis HC-05 pengendali rumah, dan lain sebagainya, karena mungkin akan banyak orang yang sudah mengetahui password dari bluetooth kita, dan saya rasa ini akan menjadi masalah yang cukup serius.
Berdasarkan latar belakang yang sudah saya uraikan diatas, maka dalam artikel ini saya akan membahas mengenai bagaimana merubah password dan nama dari bluetooth HC-05 dengan menggunakan USB to TTL PL-2303 atau bisa juga dengan menggunakan Arduino nano.
Hal yang harus kita lakukan ketika hendak merubah nama HC-05 yaitu menghubungkan terlebih dahulu Arduino nano dengan HC-05, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah.



Setelah itu Upload sketch kosong kedalam Arduino

void setup() {
// put your setup code here, to run once:

}

void loop() {
// put your main code here, to run repeatedly:

}


setelah itu, buka serial monitor Arduino dan atur baudrate-nya menjadi 38400.
Supaya kita dapat masuk pada mode AT-command HC-05, pertama cabut dulu kabel yang terhubung pada pin VCC hc-05 kemudian tekan tombol pada Hc-05 kira-kira 2 detik kemudian sambungkan kembali pin VCC nya, maka lampu HC-05 akan berkedip lambat, pada mode ini, HC-05 tidak akan terdeteksi, dan otomatis kita tidak bisa menghubungkan hp kita dengan HC-05.
Jika sudah Coba sekarang kita berikan perintah AT maka kita akan ada tulisan OK.
- Untuk merubah nama bluetooth, masukan perintah

AT+NAME=PapermindVention

dalam contoh ini saya merubah nama hc-05 menjadi PapermindVention.

- untuk merubah password nya, kita dapat memberikan perintah

AT+PSWD = “SherAndSan171894”

dalam contoh ini, saya merubah passwordnya menjadi SherAndSan171894 , batas maksimal password HC-05 adalah 16 karakter, dan harus menggunakan diapit dengan tanda kutip, seperti contoh diatas.

Jika dirasa sudah, masukkan perintah berikut

AT+ROLE = 0

perintah diatas digunakan untuk mengembalikan mode HC-05 seperti biasa. Sehingga kita dapat mengkoneksikan HP kita dengan HC-05 kembali.

Comments