Masalah pada Stepper


Artikel ini berawal ketika saya hendak mencoba menggunakan motor stepper EM*** bekas printer, lalu ketika saya coba menggunakannya menggunakan contoh program yang sudah tersedia di Arduino IDE, motor tersebut tidak dapat berputar dengan baik, padahal saya sudah menggunakan catu daya 12V sesuai dengan yang dibutuhkan oleh motor tersebut.
Program yang saya gunakan adalah sebagai berikut
#include

const int stepsPerRevolution = 200; // change this to fit the number of steps per revolution
// for your motor

// initialize the stepper library on pins 8 through 11:
Stepper myStepper(stepsPerRevolution, 8, 9, 10, 11);

void setup() {
// set the speed at 60 rpm:
myStepper.setSpeed(60);
// initialize the serial port:
Serial.begin(9600);
}

void loop() {
// step one revolution in one direction:
Serial.println("clockwise");
myStepper.step(stepsPerRevolution);
delay(500);

// step one revolution in the other direction:
Serial.println("counterclockwise");
myStepper.step(-stepsPerRevolution);
delay(500);
}


setelah saya teliti kembali, ternyata yang menjadi penyebanya adalah kesalahan pemasangan kabel, untuk stepper jenis ini urutan kabelnya adalah sebagai berikut:



kemudian untuk steps perrevoulution normalnya adalah 47 atau 48.

Catatan*
kecepatan stepper dapat mempengaruhi akurasi dari motor, berdasarkan percobaan saya, batas kecepatannya adalah 500. tetapi mungkin jenis juga akan mempengaruhi.

Comments