Mengisi Bootloader Arduino kedalam Chip Atmega-328P

Mengisi Bootloader Arduino kedalam Chip Atmega-328P

umumnya Ketika pertama kali membeli chip atmega baru untuk mengganti chip yang terdapat di Arduino uno tidak semua chip tersebut sudah berisi bootloader Arduino, maka oleh karena itu kita harus bisa mengisi sendiri bootloader tersebut.
Untuk mengisi bootloader Arduino kedalam chip baru, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan board Arduino yang akan dijadikan sebagai masternya. Dalam percobaan ini, saya menggunakan Arduino Nano V3. Oh iya, board yang akan dijadikan sebagai master ini tentunya harus yang sudah terisi bootloader.
2. Siapkan chip baru yang akan diisi bootloader Arduino, dalam percobaan ini saya menggunaka chip Atmega328P.
3. Kemudian susun seperti Gambar dibawah ini
 

Pada gambar diatas, saya menggunaka board Arduino uno sebagai tempat chip baru, alasannya karena supaya tidak perlu repot-repot membuat rangkaian lagi. Tapi jika tidak terdapat board arduino uno, maka anda dapat menyusun rangkaian seperti gambar dibawah ini.
 
4. Kemudian setelah kita selesai merangkai-nya, buka software Arduino IDE, dan upload Arduino ISP, dengan memilih file -> example -> 11. Arduino ISP. Kemudian Upload program tersebut.
5. Jika sudah, selanjutnya pilih Tool -> Programmer -> Arduino as ISP
 

6. kemudian pilih burn bootloader / membakar bootloader, tunggsi sampai selesai, jika sudah selesai akan ada keterangan berhasil....


Comments