Sensor Yang dapat digunakan Untuk Mendeteksi Magnet

Magnet dapat juga digunakan sebagai alat untuk menghidupkan atau mematikan saklar, akan tetapi saklar yang digunakan untuk magnet berbeda dengan saklar yang biasa kita lihat. Artikel ini akan membahas mengenai sensor apa yang dapat kita jadikan sebagai saklar untuk magnet, terdapat keuntungan tersendiri ketika kita menggunakan saklar seperti ini, salah satunya yaitu tidak berisik, berbeda jika kita menggunakan saklar biasa seperti push button, setiap kita menekannya pasti akan terdengar suara, dan terkadang suara dari push button ini mengganggu. tapi disisi lain, jika kita ingin menggunakannya untuk menghidupkan atau mematikan lampu 220V AC, tetap saja kita harus menggunakan relay.
sensor yang dapat kita gunakan sebagai saklar untuk magnet diantaranya adalah sebagai berikut:

Reed Switch
prinsip kerja reed switch sebenarnya sama saja dengan push button biasa, hanya saja jika push button akan bekerja ketika ditekan dengan jari (tangan), berbeda dengan reed switch yang bekerja ketika mendeteksi magnet didekatnya.


Jika kita lihat, isi dari Reed switch ini hampir sama dengan besi, sehingga ketika mendeteksi medan magnet besi tersebut akan tertarik dan menempel dengan besi yang satunya, kemudian tabung dari reed switch ini umumnya terbuat dari kaca yang sangat tipis, jadi jika menggunakan sensor ini kita harus berhati – hati. Contoh dari rangkaian sederhana yang dapat kita buat adalah sebagai berikut:

Setelah rangkaian diatas kita buat, coba dekatkan magnet ke sensor reed switch tersebut, maka lampu akan menyala.

Sensor Hall Effect

bentuk dari sensor ini seperti transistor, dimana ia memilili 3 kaki yaitu Vcc (digunakan untuk input tegangan positif), Gnd (untuk Ground) dan Out (keluaran dari sensor), ada 2 bentuk dari sensor hall effect,  tetapi untuk membuat programannya sama saja. contoh program yang dapat kita buat


/*sensor Hall Effect
created by: M Hasan
*/
int Led = 13 ; //pin led
int hallpin = 2; //menetapkan pin 2 sebagai hallpin
int kondisi; //variable untuk membaca kondisi sensor
void setup() {
pinMode(Led, OUTPUT) ; // mendefinisikan led sebagai output
pinMode(hallpin, INPUT) ; //mendefinisikan hallpin sebagai input
}
void loop() {
kondisi = digitalRead(hallpin) ;
if (kondisi == HIGH) { //jika terdeteksi medan magnet, maka LED akan menyala
digitalWrite(Led, HIGH);
} else {
digitalWrite(Led, LOW);
}}

Comments