Sensor Garis TCRT5000

Sensor Garis TCRT5000

TCRT5000 adalah salah satu sensor  yang sering digunakan untuk sensor robot Line follower, keluaran dari sensor ini berupa sinyal analog, sehingga memungkinkan kita untuk menggunakan transistor untuk pengaplikasiannya. Bentuk fisik dari sensor TCRT5000 dapat dilihat pada Gambar dibawah

 


Jika dilihat dari gambar diatas, kita dapat melihat sebuah potensio dibagian belakang sensor, fungsi dari pada potensio ini adalah untuk mengatur sensitivitas sensor. TCRT5000 mempunyai 4 pin, yaitu :
- VCC (untuk input tegangan positif).
- GND (untuk input tegangan negatif).
- D0 (Digital Output), pin Output digital dari sensor TCRT5000.
- A0 (Analog Output), pin output analod dari sensor TCRT5000.
Dalam sensor TCRT5000 terdapat 2 sensor infrared yang masing-masing berfungsi sebagai pemancar dan penerima, bentuknya seperti LED kecil, dari gambar diatas dapat dilihat Infrared yang berwarna biru berfungsi sebagai pemancar cahaya, dan yang berwarna hitam berfungsi sebagai penerima cahayanya. 
Cara kerja dari sensor ini dapat dilihat pada Gambar berikut


Dari gambar diatas dapat kita pahami bahwa ketika sensor dihadapkan dengan benda yang dapat merefleksikan cahaya maka cahaya, maka cahaya akan diteruskan kepada sensor receiver. Jika sensor dihadapkan dengan benda yang tidak dapatr merefleksikan cahaya, maka cahaya InfraRed tidak akan diteruskan.
Dari hasil percobaan yang dilakukan, keluaran dari sensor akan bernilai high ketika dihadapkan dengan warna yang tidak dapat merefleksikan cahaya, misalnya dengan warna hitam. kemudian pada saat dihadapkan dengan benda/warna yang tidak dapat merefleksikan cahaya keluaran dari sensor bernilai LOW.

Percobaan
Pada percobaan ini saya menggunakan Arduino untuk men-test cara kerja dari sensor TCRT5000, logika yang digunakan adalah, bila sensor mendeteksi warna/benda yang dapat merefleksikan cahaya maka lampu pada board Arduino akan menyala, dan sebaliknya bila sensor mendeteksi benda yang tidak dapat merefleksikan cahaya maka lampu akan padam.
Sketch/Source code yang dibuat adalah sebagai berikut:
Untuk melihat hasilnya, anda dapat mempraktekannya langsung. Selamat mencoba :D
Jika masih ada yang belum mengerti, silahkan ajukan pertanyaan dikolom komentar.

Comments