Alarm sederhana menggunakan Arduino dan Buzzer

Penggunaan Alarm sering kali dimanfaatkan sebagai tanda atau memberi penringatan, misalnya ketika kita masih sekolah dulu, alarm digunakan sebagai tanda untuk ganti pelajaran, istirahat atau pulang sekolah. Alarm juga sering digunakan pada jam weaker, untuk membangunkan seseorang pada jam tertentu. Kemudian alarm sering juga digunakan sebagai pengaman pada kendaraan, umumnya mobil-mobil keluaran terbaru sudah banyak yang menggunakan alarm sebagai pengaman mobil.
Dalam artikel kali ini, saya akan membahas mengenai cara sederhana membuat sebuah alarm, disini saya menggunakan Arduino sebagai mikrokontroler-nya. Di pasaran mungkin ada banyak komponen yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah alarm, tapi karena saya fokusnya belajar tentang Arduino, jadi saya menggunakan Arduino untuk membuat alarm kali ini.
Untuk membuat alarm dengan menggunakan Arduino, kita tidak bisa menggunakan perintah digitalWrite atau analogWrite untuk memberikan nilai High / menyalakan suara, tetapi ada perintah khusus untuk menyalakan nada, yaitu digunakan perintah tone(), perintah ini akan menghasilkan sebuah gelombang frequency tertentu yang membuat bunyi yang dikeluarkan dapat berbeda – beda.
Perintah untuk tone, umumnya ditulis sebagai berikut:
tone (pin, frekuensi suara); 
atau bisa juga dengan menambahkan durasi, seperti berikut
tone (pin, frekuensi suara, durasi);
komponen – komponen yang kita butuhkan untuk melakukan experimen ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Arduino Uno
2. Buzzer
3. PC yang sudah terinstal Arduino IDE (untuk memprogram board Arduino).


Kemudian rangkai komponen – komponen tersebut menjadi seperti berikut.

Kemudian progam yang saya buat untuk alarm ini adalah sebagai berikut:


silahkan anda Upload program diatas, kemudian dengarkan nada yang dikeluarkan oleh buzzer. Anda juga bisa merubah nada-nya dengan cara mengubah angka – angka yang terdapat pada Array song, dan juga merubah durasi yang terdapat pada Array durasi.
kemudian, apabila kita menggunakan 2 pin untuk buzzer, maka harus digunakan perintah noTone(), perintah ini digunakan ketika kita ingin buzzer menyala secara berurutan, misalnya pada detik pertama buzzer 1 menyala dan buzzer 2 padam, kemudian pada detik berikutnya buzzer 1 padam dan buzzer 2 menyala.
Contoh rangkaian-nya adalah sebagai berikut:



program yang saya buat adalah sebagai berikut:

Comments