RFID Reader/Write MFRC522

Tag RFID
Salah satu teknologi yang mulai banyak digunakan sekarang adalah kartu RFID (Radio Frequency Identification) yaitu sebuah kartu yang memiliki sebuah chip didalamnya yang berisi sebuah kode identitas khusus untuk setiap kartunya dan memiliki blok-blok memori yang dapat digunakan untuk menyimpan data-data penggunanya, kartu RFID biasa juga disebut dengan tag, Tag ini bekerja saat antena mendapatkan sinyal dari reader RFID dan sinyal tersebut akan dipantulkan lagi, sinyal pantul ini biasanya sudah ditambahkan dengan data yang dimiliki tag tersebut. Proses pembacaan data/identitas pada kartu ini dilakukan melalui frequency radio atau dengan kata lain, penggunaan nya hanya perlu didekatkan pada RFID reader-nya, jarak kartu terhadap RFID reader-nya tidak boleh lebih dari 50mm.

Beberapa pengujian terhadap tag/kartu RFID yang pernah dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Ketika kartu digores oleh pena. Kartu masih bisa terbaca
  • Ketika digores oleh besi sampai patah, karti tidak bisa terbaca, karena jalur chip transponder nya terbuka dan putus.
  • Ketika terkena/terendam air, kartu masih terbaca, karena bahan kartu terbuat dari plastik sehingga air tidak masuk, sehingga tidak mengganggu chip kartu RFID.
  • Ketika kartu patah, kartu tidak bisa terbaca, karena jalur untuk chipnya putus.
Dari hasil pengujian yang telah diuraikan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa selama jalur kabel chip kartu tidak terbuka/terpotong, maka bisa dikatakan bahwa kartu akan tetap terbaca, akan tetapi ketika jalur chip kartu RFID ruksak, maka kartu tidak akan terbaca.

RFID Reader/Writer

RFID reader merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari komponen-komponen elektronik dan sebuah chip yang berfungsi untuk membaca kartu RFID. Terdapat beberapa jenis RFID reader, diantaranya adalah Mifare RC522, modul ini menggunakan IC Philips MFRC522 yang dapat membaca RFID dengan penggunaan yang mudah dan harga yang murah. tampilan dari RFID MFRC522 dapat dilihat pada Gambar berikut.



Modul ini dapat digunakan langsung oleh Mikrokontroler dengan menggunakan interface SPI, dengan suplai tegangan sebesar 3,3. MFRC522 merupakan produk dari NXP yang menggunakan fully integrated 13.56MHz non-contact communication card chip untuk melakukan pembacaan maupun penulisan. MFRC522 support dengan semua varian MIFARE Mini, MIFARE 1K, MIFARE 4K, MIFARE Ultralight, MIFARE DESFire EV1 and MIFARE Plus RF identification protocols.

Blok diagram MFRC522



The analog interface handles the modulation and demodulation of the analog signals. The contactless UART manages the protocol requirements for the communication protocols in cooperation with the host. The FIFO buffer ensures fast and convenient data transfer to and from the host and the contactless UART and vice versa. Various host interfaces are implemented to meet different customer requirements.

Functional description
The MFRC522 transmission module supports the Read/Write mode for ISO/IEC 14443 A/MIFARE using various transfer speeds and modulation protocols.




Comments