Wiring Arduino dan LCD 16x2

LCD (Liquid Crystal Display) umumnya digunakan untuk menampilkan berbagai informasi, baik berupa Gambar atau hanya karakter saja. LCD yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah LCD karakter 16x2 (16 kolom x 2 baris) yang akan dihubungkan dengan Arduino untuk menampilkan informasi. Pengaplikasian dari LCD ini sangat banyak, diantaranya untuk menampilkan waktu ketika kita membuat jam digital, atau suhu ruangan jika kita ingin membuat suatu alat penampil  suhu, dan masih banyak lagi hal lain yang dapat kita lakukan dengan menggunakan LCD ini.


Dalam LCD karakter 16x2 terdapat pin-pin yang nantinya akan kita hubungkan dengan Arduino, tetapi tidak semua pin LCD yang akan kita hubungkan dengan Arduino, hanya beberapa saja. Pin tersebut diantaranya :

Pin LCD
Fungsi
Pin Arduino
VSS
LED -
Untuk Ground modul LCD dan lampu LED (Background)
GND
VCC
LED +
Untuk masukan tegangan positif LCD dan lampu LED (Background)
5V
V0
Contrast adjusment, untuk mengatur kontras karakter
Potensio
RS
Register Select
6
RW
Read/Write
GND
E
Enable
7
DB 4
Data bus untuk transfer data 4 & 8 bit
9
DB 5
Data bus untuk transfer data 4 & 8 bit
10
DB 6
Data bus untuk transfer data 4 & 8 bit
11
DB 7
Data bus untuk transfer data 4 & 8 bit
12

Alasan kenapa kita menggunakan pin DB4 sampai DB7  pada LCD sebagai pin data yang dihubungkan dengan Arduino yaitu karena pin ini dapat digunakan untuk mentransfer data 4 dan 8 bit, berbeda dengan pin DB1 sampai DB5 yang hanya dapat mentransfer data 8 bit saja (Reference: Ebook Gratis Arduino untuk pemula V1, www.elangsakti.com).
Untuk merangkai Arduino dan LCD, skemanya dapat dilihat pada Gambar dibawah ini.

Untuk contoh programnya, saya mengambil contoh tentang membuat jam digital sederhana yang dapat anda lihat pada listing program berikut ini

Comments