Mengendalikan Arduino dengan VB.6

Interfacing Arduino Dan Visual Basic 6

Untuk beberapa situasi, Penggunaan software dalam komunikasi dengan perangkat keras Mikrokontroller  memberikan banyak kegunaan, misalnya dalam dalam prototyping, hal ini karena penggunaan software sebagai pengendali mikrokontroller tidak akan memerlukan banyak port, kita bisa menggunakan port USB sebagai media penghubungnya, sehingga lebih efisien.
Dalam Artikel ini, saya akan menulis tentang cara mengendalikan Arduino dengan VB.6. Komponen yang akan dikendalikan pada Arduino adalah Lampu LED_BUILTIN yaitu LED bawaan yang sudah terdapat di board Arduino. OK langsung saja, pertama kita buat terlebih dahulu program untuk Arduino, program yang dibuat adalah sebagai berikut:
    

Upload program tersebut menggunakan Arduino IDE. Selanjutnya kita akan membuat software pada VB, yang nantinya digunakan untuk mengendalikan Arduino. Software yang sudah dibuat dapat anda lihat pada Gambar dibawah:


Untuk membuat software seperti Gambar diatas, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
Tambahkan komponen-komponen berikut kedalam project anda
 1 frame, 1 shape, 1 checkbox, 1 combo box, 2 button, 1 mscomm.
kemudian jika sudah, masukkan listing program berikut



Jika program dibuat dengan benar, maka ketika dijalankan, tampilannya menjadi seperti Gambar dibawah ini:

Untuk cara penggunaannya, terlebih dahulu pilih port yang digunakan, untuk mengetahui pada pin berapa arduino terhubung, kita dapat melihatnya pada devices and printers di control panel. Kemudian coba ceklis check box dan lihat lampu LED (ditandai dengan huruf L) pada Arduino, jika dilakukan dengan benar, maka Lampu tersebut akan menyala ketika check box di ceklis, dan akan padam ketika check box tidak di ceklis.

Comments