Cara Menggunakan Sensor gas MQ-5

Sensor pendeteksi gas (MQ-5)




sensor MQ-5 adalah sensor universal yang mampu mendeteksi berbagai jenis gas, seperti Hidrogen (H2), Karbon monoksida (CO), metana (CH4), etanol (CH3CH2OH), propana (C3H8), butana (C4H10), dan gas hidrokarbon lainnya (Sumber: blog.vcc2gnd.com/2014/05/mq-5-universal-gas-sensor_76.html?m=1).
Spesifikasi dari sensor MQ-5 adalah:
- power supply 5V.
- Output / data keluaran tersedia dua pilihan, Analog atau digital.
- Sensitivitas tinggi terhadap LPG, gas alam.
Untuk mengatur sensitivitas sensor, terdapat potensiometer pada bagian belakang sensor, kita dapat memutar potensio tersebut (kekiri atau kekanan) menggunakan obeng, tapi yang harus diingat, jangan putar terlalu kanan, sampai lampu sensor menyala. Karena kalau kita putar terlalu kanan, indicator sensor menyala terus. kita tidak akan tau kondisi sensor apakah sedang membaca atau tidak.
Artikel ini akan membahas tentang cara membuat alat untuk mendeteksi Gas menggunaan sensor MQ-5, gas yang akan coba dideteksi adalah gas dari bensin/cricket. mungkin memang banyak jenis gas yang dapat dideteksi menggunakan sensor ini, tapi karena gas dari bensin/cricket lebih mudah kita temui, sehingga akan lebih mudah untuk di praktekan. Untuk pengaplikasiannya, sensor ini dapat juga digunakan untuk mendeteksi kebocoran gas LPG.
Bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat alat pendeteksi ini adalah sebagai berikut:
1. Sensor MQ-5.
2. Arduino.
3. Speaker atau buzzer untuk alarm.
4. bensin cricket (bensin yang biasa digunakan untuk menyalakan merokok).
5. kabel secukupnya (untuk menghubungkan sensor dengan Arduino).
6. PC (untuk menginstal Arduino IDE).

setelah komponen yang dibutuhkan sudah ada, rangkailah Arduino, buzzer, dan sensor mq-5 seperti Gambar berikut:



kemudian upload program dibawah ini kedalam Arduino


untuk melihat hasil program ini, bukalah serial plotter pada Arduino IDE (Ctrl+Shift+L), hasilnya adalah sebagai berikut
 Pada program diatas, terdapat beberapa kondisi percabangan, yang pertama adalah ketika nilai yang dibaca sensor lebih besar dari 100, kemudian lebih besar dari 400, dan lebih besar dari 500, hal ini dimaksudkan untuk indikasi pencegahan dini saja. Nilai yang dapat ditampilkan berkisar antara 0 sampai 1024.
dari hasil percobaan yang telah saya lakukan, ketika cricket didekatkan dengan sensor mq-5 nilai yang ditampilkan yaitu lebih besar dari 500 (Kurang lebih sekitar 700). karena sensor ini merupakan sensor universal yang dapat membaaca berbagai jenis gas, saya coba menggunakan sensor ini untuk mendeteksi parfum yang mempunyai kandungan alkohol, dan hasil yang didapatkan yaitu lebih dari 110.

Comments

  1. mas maksudnya dari inputan 100,300,500 itu nilai apa ? kandung gas ? atau apa ? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  2. iya mas, itu nilai kandungan yang dibaca oleh sensor, bisa juga nilai kandungan alkohol. Saya coba ketika mendeteksi parfum yang mengandung alkohol.
    terima kasih mas atas pertanyaan nya.

    ReplyDelete

Post a Comment