Cara menggunakan Modul 433 MHZ RF wireless transmitter & receiver

Sebelah Kiri adalah Receiver, sebe;ah kanan adalah Tranmitter

Ada banyak jenis perangkat yang bisa kita gunakan untuk komunikasi wireless, tapi menurut saya modul ini merupakan modul yang murah, dulu saya beli di toko online Cuma Rp. 10.500. lebih murah dari pada rokok satu bungkus ya gak ?? :D.

Spesifikasi dari Transmitter:
Tegangan : min 3V, Max 12V.
Arus: min 9mA, max kurang dari 40mA.
Mode Resonansi: (SAW)
Mode Modulasi: ASK
Frequency kerja: 315 Mhz atau 433 Mhz.
Daya transmisi: 25mW (315Mhz pada 12V).
Frequency error: +150Khz (max)
Kecepatan: Kurang dari 10Kbps
So, jangkauan dari modul ini adalah 90 Meter di area terbuka (instructables.com)

Spesifikasi dari Receiver:
Tegangan kerja: 5 Vdc
Arus kerja: <5.5mA max
Metode kerja: OOK/ ASK
Frequency kerja: 315 Mhz-433.92Mhz
Bandwith: 2Mhz
Sensitivitas: melebihi -100dBm (50Ω)
Kecepatam Pengiriman: <9.6 Kbps (pada 315Mhz dan -95dBm)
Langsung saja saya akan menjelaskan koneksi dan bagaimana program yang dibuat supaya alat ini dapat digunakan dengan baik. Skema-nya adalah sebagai berikut

Pin TX
Pin Arduino
Data
D12
Vcc
5v
Gnd
Gnd
Program yang dibuat untuk tranmitter adalah sebagai berikut

Kemudian program yang dibuat untuk receiver adalah sebagai berikut


Setelah dijalankan, cek Serial monitor pada Receiver. Hasilnya adalah sebagai berikut

Hal lain yang harus diperhatikan dalam membuat program untuk modul ini adalah pemberian nilai pada “ vw_setup(2000); “. Beberapa hasil pengamatan saya ketika memberikan nilai vw_setup() pada sisi transmitter dan receiver dapat dilihat pada tabel dibawah

Nilai pada Transmitter
Nilai pada Receiver
Kondisi pengiriman
2000
4000
Gagal
3900
4000
Baik
4900
4000
Gagal
4000
4000
Baik

Comments

  1. assalamu'alaikum saya anjar maaf mengganggu, bisa minta link untuk file zip library virtual wire
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumussalam, bisa gan
    https://drive.google.com/file/d/1e6wWHjTsJmSePOiuDDjxepyXcLOjGGOp/view?usp=sharing

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah terima kasih kang
    jazakallahu khairan katsiran🙏🙏

    ReplyDelete
  4. saya sudah mengikuti cara yang diatas tetapi di serial monitor hanya muncul connecting saja itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
  5. @unknown, pemberian nilai setup dan pengkabelannya udah sama gan??,

    ReplyDelete
  6. juragan.. ijin nyontek ya.. buat tugas akhir ^_^

    ReplyDelete
  7. @komunitas ecek-ecek, ok ok monggo gan

    ReplyDelete
  8. Pagi gan, boleh minta emailnya, jika memungkinkan saya mau minta tolong untuk memasang receiver dan transmitter pada module penggerak dinamo yg telah saya bikin, rencannya untuk saklar mau dibuat wireless yang saat ini masih menggunakan kabel, tetapi saya masih bingung untuk menggabungkan receiverdan transmitter ke module yang sudah saya buat,so jika sempat saya mohon pencerahannya🙏🏼

    ReplyDelete

Post a Comment