Cara menggunakan keypad 4x4 matrix di Arduino

Penggunaan keypad seringkali digunakan pada embedded sistem, seperti untuk memasukkan password, memasukkan jumlah liter yang dikeluarkan pada mesin SPBU, dan lain sebagainya. Penggunaan Push-button terkdang menjadi alternatif lain selain keypad, tetapi karena pemasangannya yang cukup rumit menjadikan push-button bukan menjadi pilihan utama, salah satu keuntungan penggunaan push-button adalah ia dapat menggunakan pin analog untuk inputnya, sedangkan keypad tidak bisa, keypad umumnya hanya bisa mengguakan pin digital, karena sudah ketentuan library-nya.
Artikel ini akan membahas mengenai penggunaan keypad matrix 4x4 yang akan dihubungkan dengan Arduino, untuk keypad yang digunakan dapat dilihat pada Gambar berikut:


Keypad ini mempunyai 16 tombol yang berupa angka 1 sampai 9, Huruf A sampai D dan karakter * dan #, bentuk dari keypad ini sangat tipis, selain itu terdapat perekat dibagian belakang yang  akan memudahkan keypad pada jenis pengaplikasian. Spesifikasi dari Keypad ini adalah:
  • Maximum Rating : 24 Vdc, 30 mA.
  • Antarmuka: 8 pin untuk mengakses keypad 4x4 matrix.
  • Suhu operasi: 32 sampai 122 derajat F (0 sampai 50 derajat Celcius).
  • Ukuran: 6.9 x 7.6 cm
Untuk mempprogram keypad ini kita membutuhkan library tambahan, anda dapat mendownload Library-nya di https://drive.google.com/open?id=1wU5WiwDRcuaGn6C6PExBu5JriOD4oQP0

Contoh program sederhana dari keypad ini adalah:

Upload program tersebut, kemudian buka Serialmonitor. Setelah itu coba tekan tombol keypad-nya satu persatu, maka hasilnya akan terlihat seperti Gambar berikut:
 
 Bila kita lihat pada Gambar diatas, maka setiap kali  kita menekan keypad maka hasilnya langsung ditampilkan diserial monitor. Dari sini timbul permasalahan, bagaimana jika kita ingin memasukkan/menampilkan beberapa angka sekaligus, misalnya kita ingin menampilkan angka 1994 atau 53AD. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita bisa menggunakan perintah isDigit atau isAlpha, lebih jelasnya saya menggunakan program sebagai berikut:

Hasilnya dapat dilihat pada Gambar dibawah

Comments

Post a Comment