Membuat LED berkedip menggunakan ESP8266

Pada artikel kali ini, kita akan mencoba membuat sebuah LED berkedip menggunakan Modul ESP8266, untuk programnya saya mengambil contoh yang sudah teredia pada Arduino IDE. oh iya, dalam program ini saya modifikai sedikit, yaitu pada bagian pinMode-nya, jika dalam contoh program pin yang digunakan untuk LED adalah LED_BUILTIN, maka saya merubahnya menjadi pin 2. karena kalau kita menggunakan LED_BUILTIN, maka lampunya tidak akan berkedip.
Untuk mulai memprogram Modul ESP8266 ini tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu datasheet pin-nya, hal ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam pemrograman, misalnya kita ingin memberikan nilai HIGH pada pin 9, sedangkan kita tidak tau yang mana pin 9 tererbut. untuk itu anda dapat melihatnya pada Gambar berikut:
Gambar : Node MCU ESP8266 Pin out
Sumber https://www.cnx-software.com

bila kita lihat pada skema diatas, pin GPIO (General Purpose Input Output) 2 terletak pada pin D4, agak membingungkan memang susunan dari pin Node MCU ini, karena tulisan yang terdapat pada Board-nya tidak sama dengan urutan port GPIO-nya. Ok seperti yang sudah saya sebutkan diatas tadi, kita akan mencoba membuat LED berkedip dengan Node MCU ESP8266. Untuk programnya, anda dapat melihat contoh dibawah ini.
[code]
/*
ESP8266 Blink by Simon Peter
Blink the blue LED on the ESP-01 module
*/
void setup() {
pinMode(2, OUTPUT); //menetapkan pin GPIO 2/LED sebagai OUTPUT
}
void loop() {
digitalWrite(2, LOW);
/* Perintah untuk mematikan Lampu atau memberikan nilai LOW(0) pada pin GPIO 2 */
delay(1000); //Matikan lampu selama 1 detik
digitalWrite(2, HIGH);
//perintah memberikan nilai HIGH atau menyalakan Lampu
delay(2000); //nyalakan lampu selama 2 detik
}
[/code]
untuk memprogram Node MCU ini, settingan boardnya dapat dilakukan seperti Gambar berikut:


Program yang digunakan untuk memberikan perintah pada Node MCU ini sama dengan pemrograman pada Arduino board, ini karena kita menggunakan Arduino IDE sebagai software pemrogramannya, hal ini tentunya akan memudahkan bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan bahasa Arduino. Ada sedikit perbedaan dalam penguploadan program pada Node MCU ini, kita akan melihat persentasi proses peng-upload-an program pada bagian bawah Arduino IDE, seperti Gambar dibawah ini. Tapi tidak perlu khawatir, karena itu adalah hal yang normal.




Pada beberapa kasus, terkadang pada saat kita memberikan nilai HIGH pada pin 2, lampu yang terdapat pada board Node MCU akan padam, dan sebaliknya, ketika kita memberikan nilai LOW pada Pin 2, maka lampu yang terdapat pada board Node MCU akan menyala. Tetapi tidak perlu khawatir, karena itu bukan suatu masalah besar.

Comments