Menggunakan Modul Micro SD adapter di Arduino

Prakata
pada artikel saya sebelumnya saya sudah membahas mengenai penggunaan EEPROM di Arduino, dan untuk artikel kali ini saya akan membahas mengenai penggunaan modul Micro SD card Adapter, Micro SD card adalah memori yang biasa digunakan pada telepon seluler, memori ini mempunyai ukuran yang kecil tetapi mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar. Harga modul ini sangat terjangkau, jika anda ingin mencobanya anda dapat membeli-nya di toko-toko online, dulu kalau tidak salah saya membelinya dengan harga kurang dari RP. 20K.

Sumber Image: Tokopedia

Modul micro SD ini umumnya digunakan ketika kita akan menyimpan data dari Arduino dimana data tersebut berjumlah banyak atau berukuran besar, misalnya ketika kita menggunakan modul Kamera pada Arduino, dimana untuk menyimpan file hasil tangkapannya kita membuthkan memori penyimpanan yang besar. Oleh karena itu, penggunaan modul Micro SD akan sangat berguna.
Dalam project sederhana, penggunaan modul ini dapat digunakan untuk data Logger, misalnya dalam proses pencatatan data dari sensor dimana settiap perubahan yang terjadi pada sensor akan dicatat pada Memori.
Oh iya, jenis file yang dapat kita buat kedalam Micro SD melaui Arduino IDE ini bermacam-macam, tetapi yang sudah saya coba baru 2, yaitu .txt dan .odt tetapi kemungkinan besar jenis – jenis file  yang lainnya juga dapat dibuat. Mungkin anda dapat mencobanya sendiri, jangan lupa juga kalau sudah dicoba, sharing ke yang lainnya supaya dapat bermanfaat ilmunya.

Pembahasan
jalur yang digunakan untuk Micro SD adapter ini menggunakan jalur SPI (Serial Peripheral Interaface) dimana pin yang digunakan adalah pin khusus yang sudah disediakan oleh Arduino, pin tersebut adalah 

Pin SPI
Pin Arduino
CS (Chip Select)
Pin D4
MOSI (Master Output Slave Input)
D11
MISO (Master Input Slave Output)
D12
SCK/CLK
D13
Untuk pengkabelan Arduino dan Micro SD adapter dapat dilihat pada Tabel berikut

Pin Micro SD Adapter
Pin Arduino
VCC
5V
GND
GND
CS (Chip Select)
Pin D4
MOSI (Master Output Slave Input)
D11
MISO (Master Input Slave Output)
D12
SCK/CLK
D13

contoh program pertama yang dibuat adalah untuk mendeteksi informasi kartu SD yang digunakan, contoh programnya adalah sebagai berikut

Comments